Tuesday 22 November 2016

Manfaat Gel Lidah Buaya


Pemanfaatan gel tanaman lidah buaya (aloe vera) sebagai media pengawet produk pertanian memang bukan merupakan hal baru. Banyak peneliti dan pengusaha petanian telah menggunakan gel lidah buaya untuk melapisi buah dan sayuran segar. Gel dari tanaman tropik ini tidak akan mempengaruhi rasa atau penampilan dari buah dan sayuran. Teknologi ini diyakini menjadi alternatif yang baik dan aman dalam proses pengawetan buah dan sayuran.

Daniel Valero PhD, dari Universitas Miguel Hernandez di Alicate, Spanyol telah meneliti anggur yang diberi lapisan gel lidah buaya dan disimpan selama lima minggu pada suhu yang rendah, dan dibandingkan dengan anggur yang tidak diberi gel pada kondisi yang sama. Ternyata anggur yang tidak diberi gel, menunjukkan perubahan dengan cepat dalam waktu 7 hari, sedangkan anggur yang dilapisi dengan gel terlihat lebih baik, dan lebih tahan sampai hari ke 35. Anggur yang dilapisi gel terbukti lebih keras, dan hanya mengalami sedikit perubahan warna dibandingkan anggur yang tidak dilapisi gel. Selain itu, anggur yang dilapisi gel juga memiliki rasa yang lebih baik.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gel tersebut bekerja sebagai pelindung alami dari cepatnya proses pembusukan. Gel lidah buaya mengandung beragam antibiotik dan anti cendawan yang berguna untuk menghambat atau menghalangi mikroorganisme yang bisa mengakibatkan keracunan pada makanan yang membusuk. Gel ini juga melindungi makanan dengan aman, karena hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa gel lidah buaya mengandung komponen antifungal yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga mencegah timbulnya penyakit.

Gel lidah buaya juga mengandung antioksidan, salah satu bahan aditif yang dapat melindungi bahan pangan dari kerusakan karena terjadinya reaksi oksidasi lemak atau minyak. Antioksidan juga dapat memperpanjang umur simpan bahan pangan dengan cara melindungi bahan pangan dari deteriorisasi yang disebabkan oleh oksidan seperti ketengikan, perubahan warna dan hilangnya nilai nutrisi. Menurut para peneliti, gel lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami menggantikan sulfur dioksida dan bahan pengawet makanan sintetik lainnya. Penggunaan gel ini akan menghasilkan produk makanan yang lebih sehat.


No comments:

Post a Comment

Budidaya Tanaman Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L.) adalah sayuran paling mudah diolah. Tidak perlu dimasak atau ditumis, cukup dicuci atau dikupas, dimakan ment...