Friday 16 December 2016

Manfaat dan Pengolahan Kulit Manggis


Buah manggis merupakan salah satu buah khas indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat manggis semakin dinikmati. Akan tetapi getah yang terdapat pada kulit manggis ini membuat orang tidak menggunakannya dan hanya mengolah buahnya saja. Padahal sebenarnya kandungan dalam kulit manggis ini sangat banyak manfaatnya.

Salah satu contoh pemanfaatan kulit manggis yang sering kita dengar untuk kesehatan adalah sebagai obat herbal, karena mempunyai kandungan xanthone dan bioflavonoid yang bagus untuk kesehatan.

Manfaat Kulit Buah Manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi diantaranya sebagai berikut:
1.      Manggis mampu menyembuhkan sekaligus mencegah penyakit kanker.
2.      Mencegah tumbuhnya sel-sel pada penyakit leukimia.
3.      Dapat mencegah beberapa penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, arthritis jantung, dll.
4.      Mampu mengurangi rasa sakit.
5.      Mengurangi tekanan darah tinggi.
6.      Melawan radikal bebas.
7.      Melancarkan pencernaan.
8.      Mampu menurunkan kadar kolesterol.
9.      Mengatasi penyakit batu ginjal.
10.   Membuat kita sehat.

Agar lebih mudah dikonsumsi dan dapat diperoleh manfaatnya, kulit buah manggis dapat diolah menjadi jus. Agar dapat minimalisir rasa sepat dan pahit yang ada pada jus kulit manggis, maka jus juga dapat dicampur dengan berbagai buah-buahan segar lainnya. Bahkan,anda bisa membuat jus kulit buah manggis yang bisa membuat ketagihan.

Berikut adalah beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk mulai membuat jus kulit buah manggis.

Bahan:
·      Beberapa buah manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 butir)
·      1 gelas air matang
·      Madu secukupnya
·      Gula yang memiliki kandungan kalori rendah
·      Blender

Cara pembuatannya:
Setelah bahan-bahan diatas dipersiapkan,maka selanjutnya ialah memulai membuat jus kulit buah manggis. Berikut adalah cara membuat jus kulit buah manggis yang harus anda lakukan:
·      Keroklah kulit buah manggis dibagian dalam dengan menggunakan sendok.Saat melakukan pengerokan kulit buah,hindari bagian berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.
·      Rebuslah terlebih dahulu kulit buah manggis tersebut.Langkah ini sebenarnya adalah alternatif kalau anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit.Dengan direbus terlebih dahulu,maka rasa sepat dan pahit nya akan diminimalisir.
·      Masukan hasil kerokan kulit buah manggis atau air rebusan kulitnya kedalam blender,ditambahkan air matang sebanyak satu gelas,dan gula aren.Anda juga mencampurkan madu dan beberapa buah selera anda seperti alpikat,mangga,sirsak,dll.
·      Jus kulit buah manggispun telah siap diminum.Sisanya anda dapat menyimpannya kedalam wadah yang memiliki tutup, seperti botol,tupperwere dan simpanlah didalam lemari es.

Aturan pakai:
Anda bisa meminumnya sebanyak 3x sehari atau sebanyak   3-4 sendok setelah makan.

Sumber:

Buku & Majalah Pertanian

No comments:

Post a Comment

Budidaya Tanaman Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L.) adalah sayuran paling mudah diolah. Tidak perlu dimasak atau ditumis, cukup dicuci atau dikupas, dimakan ment...